Thursday, January 26, 2017

Nu Art Sculpture Park

Mungkin masih banyak orang yang belum tau kalo di Bandung ada gallery keren yang bikin amazed,parah. Nah,tidak lain adalah Nu Art Sculpture Park, yang lokasinya ada di Jl. Setraduta Raya No L 6, Ciwaruga, Bandung, West Bandung Regency 40151 (022) 2017812, mungkin kalo buat kalian yang dari luar Bandung jaraknya sekitar 10km dari gerbang tol Pasteur.

           "Nu Art itu apaan si?"
       "Emang ada apa aja disana?"

Oke, sebelum gue jawab pertanyaan-pertanyaan itu mungkin sedikitnya dengan kalian baca nama dari Nu Art itu sendiri kalian udah notice kalau ini adalah suatu artspace;tempat seni atau gallery karya dari seseorang. Probably for everyone who has a hobby such as photography,making short movie, i mean anyone who loves everything about ART, kayaknya udah bukan hal yang tabu lagi sama tempat kaya Nu Art ini.
Dan buat jawab pertanyaan diatas,mungkin ini jawabannya, beberapa karya yang sempet gue bidik selama berkeliaran disana:

 
Miniatur of Candi Borobudur? Such a breathtaking!




As I know, nama Nu Art itu sendiri di ambil dari nama belakang seorang pemilik sekaligus senimator disini. yaitu Nuarta. Lengkapnya adalah Bapak Nyoman Nuarta. Beliau adalah seorang seniman asal Bali. Kalian pasti tau dong salah satu yang jadi icon dari Bali; patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Yup! bener banget, patung GWK itu adalah salah satu karya terbesarnya Pak Nyoman. Yang sebenernya sampe saat ini patung GWK itu belum selesai dibangun. Sekarang posisi patung yang ada di GWK itu masih terpisah,dan sebagiannya lagi masih dalam proses. Semua patung GWK itu dibuat di Bandung, iya di Nu Art. Di Nu Art ini ada pula tempat workshop pembuatan setiap seluruh karya Pak Nyoman,termasuk patung GWK. 
Nah, setiap pukul 15.30 di Nu Art itu selalu ada pemutaran film pendek, sejarah dari kenapa bisa terbentuk GWK,awal mula tempat GWK yang luas banget itu apa sih? 
Kayak gini nih theater nya. Pemutaran film sejarah GWK ini
kira-kira berlangsung selama 30 menit.

Gue cuma bisa kasih foto kayak gini doang,karena seperti biasa ketentuannya gak boleh merekan film pake smartphone apalagi kamera. :D

Semua pertanyaan-pertanyaan kalian tentang GWK itu bakalan terjawab di film pendek. Gak cuma itu, di film itu juga muterin video hasil karya lain dari Pak Nyoman yang gak kalah besar dan amazing selain yang ada di Bali ataupun di Bandung. Ada juga pemutaran video sewaktu Nu Art pertamakali opening dan di resmikan. Jujur, gue merinding sih nonton film nya karena ternyata semua karya yang ada di Nu Art itu gak Pak Nyoman bikin tanpa konsep, tapi semuanya dibikin cerita. 

Well, masih BANYAK BANGET ratusan karya lainnya di Nu Art yang kayaknya terlalu spoiler  kalo gue kebanyakan posting disini. You should come there!
           "Eh,emang itu boleh ya di datengin buat umum?"
                     "Free entry gak tuh?"
Boleh banget! Siapapun boleh dateng. Buat jadwal buka nya itu setiap hari dari pukul 10.00 - 17.00 WIB. Dulu waktu Nu Art masih awal-awal opening itu memang free entry alias gratis, tapi per-September 2016 jadi harus beli tiket masuk, Harga untuk umum Rp. 50.000,- sedangkan untuk mahasiswa Rp.25.000,- kalian yang masih mahasiswa tinggal tunjukin Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kalian ke kasir aja nanti. Worth it dong ngeluarin uang kita buat belajar hal baru, nikmatin dan menghargai hasil karya orang lain, hasil karya orang Indonesia. :) 
Begini lah penampakan tiket masuknya.

Mungkin itu sedikit info mengenai Nu Art Sculpture Park yang bisa gue share ke kalian. Semoga membantu and thank you so much udah klik dan baca artikel ini. Have a good day!


No comments:

Post a Comment